Rabu, 12 Juni 2013

The Eastern Indonesia Climate Adaptation Network

RHD. Jaringan Adaptasi Perubahan Iklim Indonesia Timur (the Eastern Indonesia Climate Adaptation Network) disingkat (EI- CAN) bertemu Kupang (10/6/2013). Kegiatan yang diikuti anggota jaringan dari Sulsel, NTT, dan NTB ini bertujuan menyebarkan informasi kerja dan pengalaman adaptasi, membahas kebijakan pemerintah dan adaptasi masyarakat lokal, dan mengidentifikasi inisiatif para pihak dalam melakukan adaptasi perubahan iklim, serta tindakan dalam mengatasi tantangan yang dihadapi.


Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Geng Motor Imut komunitas yang berhasil mendorong warga memanfaatkan veses (rumen) sapi sebagai biogas sebagai sumber energi alternatif dan memanfaatkan. Kunjungan juga berlangsung di LSM Pikul sebagai salah satu organisasi yang mendorong urban farming dalam komunitas Kupang Berkebun.

Kegiatan yang berlangsung atas dukungan Oxfam ini, merupakan lanjutan kegiatan serupa yang dilaksanakan di Makassar bulan Februari 2013 lalu,  empertemukan berbagai pihak yang peduli pada isu lingkungan agar bisa saling menguatkan menjawab tantangan perubahan iklim. (*)