Rabu, 31 Desember 2014

Mahasiswa Unismuh kembali Praktik di RHD

RHD.  Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD) Rabu, 30 Desember 2014. Mereka melaksanakan Praktik Lapangan mata kuliah (MK) Pendidikan Orang Dewasa  berupa penyuluhan Penggunaan Pupuk Organik. 


Sekitar 40 orang peserta MK  mengikuti kegiatan ini, bersama pendamping MK Hamdan. Diawali dengan berkumpul di RHD, peserta kemudian mendapat penjelasan latar belakang, fasilitas, kegiatan, dan beberapa informasi lain tentang RHD oleh Darmawan Denassa.

Peserta kemudian menuju Masjid Nurul Atita di Salekowa, desa Kale Barembeng, kecamatan Bontonompo, Gowa, bertemu warga yang sebagian besar berkerja sebagai petani padi dan palawija. Praktik menyuluh dilaksanakan di masjid ini, berlangsung sekitar 140 menit.

Sebanayak tiga kelompok mempresentasikan makalah mereka di depan warga dan peserta MK lainnya. Mereka memaparkan cara pembuatan pupuk organik, takaran penggunakan, hingga manfaat penggunaan pupuk. Beberapa warga terlibat interaksi dengan mereka dalam sesi diskusi.
Setelah tanggapan balik dari  mahasiswa, seluruh peserta dan hadirin yang ada dalam masjid dibagi dalam beberapa kelompok untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). (*)