Sabtu, 28 Maret 2015

Kunjungan Mahasiswa Akpar Makassar ke RHD

RHD. Empat orang mahasiswa Akademi Pariwisata (Akpar) Makassar berkunjung ke Rumah Hijau Denassa (RHD) Sabtu, 29 Maret 2015. Mereka disambut Darmawan Denassa, pendiri RHD di Bimbi Room. Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya dua orang dari mereka telah berkunjung sepekan lalu.


Mahasiswa Akademi Pariwisata (Akpar) Makassar di
Rumah Hijau Denassa (RHD). 



Keempat Mahasiswa ini sedang melaksanakan tugas kelompok Mata Kuliah (MK) Perencanaan Ekologi Pariwisata (PKO) yang diasuh Syafruddin dan Surya Dewi. "Berkurangnya plasma nutfah yang pernah ada di Mamminasata dan Wallacea secara luas salah satu alasan utama kami mendirikan RHD" ungkap Denassa, saat Achlan Fahlevi, salah satu dari tim ini bertanya tentang latar belakang pendirian RHD. "Saya rekam ya Pak?" pinta Achlan yang disetujui Denassa dengan anggukan dan senyuman khas.

Ekowisata merupakan pengembangan pariwisata melalui peningkatan kualitas lingkungan, alam, dll tanpa menimbukkan dampak negatif pada lingkungan. "RHD sangat sejalan dengan ini bahkan sangat membantu kelestarian flora fauna kita, sangat cocok untuk destinasi ekowisata di Sulsel" kata Achlan setelah sesi tanya jawab.

Darmawan Denassa berbincang dengan Achlan di Area
Konservasi depan RHD.



Dalam bincang-bincang yang berlangsung sekitar 90 menit itu, Denassa juga menyampaikan beberapa mimpinya pada pengembangan RHD. Peningkatan kualitas pelibatan warga, perluasan lahan konservasi, penambahan area permainan tradisional, peningkatan pengolahan lahan pertanian, dan penyedian fasilitas pendukung.

"Kami boleh lihat-lihat Pak?" pinta mereka, yang diikuti persetujuan dari Denassa (*)