Minggu, 29 Januari 2017

Halaman Depan

RHD. Hujan kembali turun sejak malam tadi, cukup deras, seakan mengiringi pergantian tahun dalam kelender China. Tahun baru Imlek jatuh Sabtu kemarin (28.01.2017). Hujan masih bertahan dari pagi ini hingga siang menjelang Zuhur.
RHD. Suasana halaman depan RHD saat hujan (29.01.2017)



Banyak bunga Thunbergia yang jatuh, setidaknya lebih banyak jika tak turun hujan. Daun battang-battang pun gugur lebih banyak dari biasanya, demikian halnya lobi-lobi, mangga, dan daun bambu. Daun jatuh karena semalam angin berhebus agak kencang, buah jati muda jatuh menyentuh atap rumah memberi suara yang agak keras.

Saya senang dengan pemandangan basah seperti ini, apalagi jika hujan turun dengan teduh. Halaman depan lebih segar apalagi jika daun dan bunga yang gugur sudah dibersihkan. Tentu saja membersihkannya butuh usaha lebih karena harus rela memegang payung saat menyapu jika tak ingin basah.

Tepias cahaya pada halaman yang basah, hijau segar dari hamparan rumput di halaman depan menjadi pemandangan mewah saat bersiri di teras. Alhamdulillah, dingin dan basah yang selalu mengajak berdiam di dalam rumah, bisa dihalau dengan suasana halaman depan yang menyegarkan. (Darmawan Denassa)