Sabtu, 21 Maret 2015

Rencana Kunjungan SD Islam Al-Azhar

RHD. Mulai awal tahun 2015 hingga jelang akhir bulan ke tiga ini, puluhan pihak telah mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD). Mereka berasal dari beragam latar belakang pendidikan, instansi, dan usia. Kemarin (20/3/2015) dua mahasiswa Program Studi Manajemen Kepariwisataan dari Akademi Pariwisata (Akpar) Makassar, melakukan observasi awal. Mereka akan datang melakukan observasi lanjutan pada Sabtu, 28 Maret 2015 nanti.

Pendidik dari Al-Azhar foto bersama di Pelataran Mappasomba (21/3)




Menjelang petang ini (21/3/2015) enam orang  tenaga pengajar dari kota Makassar berkunjung. Mereka pendidik di SD Islam Al-Azhar Makassar, datang melakukan diskusi dan survey lokasi kunjungan belajar peserta didik kelas V.
Kunjungan mereka merupakan yang ketiga kali, jika tak ada halang merintang, 120-an peserta didik kelas V dari Al-Azhar akan mengikuti kunjungan belajar ke RHD pada Selasa 31 Maret 2015 nanti. Mereka akan melakukan beberapa kegiatan, seperti panen padi di persawahan, membuat karya dari tanah liat, dan belajar flasma nutfah koleksi RHD.

Para pendidik berkeliling di sekitar RHD hingga ke tepi sawah. Sebelum kembali ke Makassar mereka kami ajak menyaksikan burung Pote, salah burung endemik Sulawesi yang menjadikan RHD sebagai rumah dan tempat berkembang biak. Sejak setahun terakhir kami telah menemukan cara memanggil mereka agar bisa lihat pengunjung, tujuaannya mereka ikut melindungi burung ini.

Sebelum kunjungan berlangsung, saya akan mengunjungi mereka lebih dahulu di Al-Azhar (25/3/2015)  menjelaskan beberapa hal tentang RHD dan plasma nutfah unik yang hidup di Wallacea. Latar belakang pendirian dan aturan yang berlaku di RHD akan menjadi bagian penting dipahami setiap ada kunjungan dalam jumlah besar ke RHD. Kawasan konservasi dan tempat belajar bersama yang didirikan secara swadaya ini menerapkan aturan untuk melindungi koleksi hewan dan tumbuhan.

Selain Akpar dan Sekolah Islam Al-Azhar, Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) akan berkunjung pada 5 April 2015 mengajak puluhan anak-anak panti asuhan untuk belajar bersama di RHD yang terletak di Jalan Borongtala No 58, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulsel. (*)