Senin, 07 Agustus 2017

Siswa Celebes Global School Belajar di Persawahan

RHD. Seperti yang telah direncanakan study visit siswa kelas 10 dan 11 SMA Celebes Global School (CGS) Makassar berlangsung Sabtu (05.08.2017). Kegiatan belajar bukan hanya berlangsung di area konservasi Rumah Hijau Denassa (RHD), tetapi juga mengunjungi persawahan untuk belajar bagaimana padi sebagai bahan pangan utama bagi sebagain besar warga di Indonesia di produksi.

RHD. Sebelum ke Persawahan Peserta Study Visit Berkumpul
Bersama di Halaman Depan (05.08.2017)



Sebelum ke persawahan para peserta diterima di halaman depan, mereka masing-masing mengisi daftar hadir, mendapat identitas pengunjung, dan caping. Mereka kemudian foto bersama yang juga diikuti pendamping.

Mereka kemudian membentuk dua barisan, masing-masing laki-laki dan perempuan. Seperti lazimnya setiap kunjungan atau proses belajar di kawasan konservasi dan edukasi ini, barisan perempuan diberi kesempatan (prioritas) lebih dahulu.

Di persawahan peserta diajak mengenal beberapa hewan dan tumbuhan yang termasuk dalam ekosistem persawahan. Mereka juga secara sfesifik belajar tentang siklus padi, mulai dari proses pemilihan benih hingga panen.

Sesi belajar kekayaan hayati menjadi pembelajaran selanjutnya setelah istirahat sejenak  kembali dari sawah. Aneka jenis tumbuhan dan hewan yang ada di area konservasi dipelajari dengan metode bercerita atau menghubungkan dengan mata pelajaran di sekolah. Budaya dan tradisi juga dikaitkan dengan tumbuhan yang dipelajari. Metode ini diberikan agar peserta mendapat informasi lebih tentang tumbuhan, bahwa tumbuhan itu mempengaruhi kehidupan kita selain berjasa memberi kita udara yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Setelah sesi ini para peserta dikumpulkan di Pelataran Mappasomba.

Waktu makan siang sudah tiba, masing-masing mendapat satu buah ecobox yang berisi nasi, buah, sayur, dan ikan. Makanan tanpa MSG dan diolah di dapur RHD.
Setelah makan, shalat, dan istirahat kegiatan dilanjutkan dengan bermain. Kemudian bercerita hingga menjelang pukul 15 petang.

Para sesi penutupan beberapa peserta diminta menyampaikan pengalamannya mengikuti kegiatan ini dalam satu kalimat inspiratif. Kegiatan berakhir dengan sesi foto bersama di pelataran Mappasomba setelah seluruh peserta menerima sertifikat kunjungan.

RHD. Siswa-siswi CGS Makassar Foto Bersama
di Pelataran Mappasomba sebelum Kembali ke Makassar
Sampai jumpa lagi ya dalam kegiatan selanjutnya, tetap semangat dan terus berkarya■ Darmawan Denassa