Minggu, 10 September 2017

Troides Helena

RHD. Kupu-kupu jenis Troides helena berkembang biak dengan baik di Rumah Hijau Denassa (RHD). Ketersediaan pakan untuk ulat dan aneka jenis pohon yang menghasilkan bunga menjadi ekositem yang sangat mendukung bagi beragam kupu-kupu hidup dan berkembang di kawasan konservasi ini. Salah satunya Troides helena yang saat ini menjadi salah satu jenis yang mulai langka.
RHD. Troides helena hingga di daun Pohon Ara di
Rumah Hijau Denassa (24.08.2017)

Perdagangan kupu-kupu helena sebagai cendramata merupakan salah satu penyebab kelangkaan jenis ini. Kecantikannya menjadi alasan utama mengapa laku dipasaran untuk dikoleksi. Sangat tepat jika jenis ini dilindungi untuk meminimalisir peluang kepunahan.

Ketersediaan kawasan yang baik untuk hidup dan berkembang biak juga menjadi faktor penting mempertahankan jenis ini, maupun jenis kupu-kupu lainnya dan kekayaan hayati kita secara luas. Beberapa kawasan alami atau area buatan yang mendukung perkembang biakan harus dipertahankan dan dikembangkan.

Kita semua harus mengambil peran untuk mendukung keberlanjutan jenis apapun yang kita  miliki agar keseimbangan alam bisa terus terjaga bahkan semakin baik.