Kamis, 02 April 2015

Komunitas, Lembaga Pendidikan, dan BSBI akan berkunjung ke RHD

RHD. Sejak awal tahun berbagai pihak dan komunitas mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD). RHD terletak di Jalan Borongtala No 58 A, kelurahan Tamallayang, kecamatan Bontonompo, kabupaten Gowa. Tempat ini merupakan kawasan konservasi dan tempat belajar bersama. Seperti halnya kemarin (31/3/2015) sebanyak 130 siswa, pengajar, dan orang tua siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 34 Makassar berkunjung ke Rumah Hijau Denassa (RHD).

Mereka mengikuti Field Trip dengan tema 'Alam Sahabat Kita' yang dirancang  sekolah  bersama  RHD. Selain panen padi di areal persawahan, siswa SD Islam Al Azhar juga belajar  aneka  flora dan fauna (plasma nutfah) khas sulawesi yang diselamatkan di kawasan RHD. Mereka antara lain melihat langsung aneka burung seperti Burung Pote yang bernama latin Trichastoima celebense, Burung Pengisap Madu (Nectarinia jugularis). Peserta juga menyaksikan cicak terbang, aneka kupu-kupu, capung, dan hewan lain.

Akhir pekan ini tamu dari 12 negara akan kembali berkunjung ke RHD, mereka akan mengikuti beberapa kegiatan budaya, seni, permainan tradisional, dan membuat kue tradisional. Mereka merupakan peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) yang mengikuti program yang dilaksanakan Kementrian Luar Negeri untuk mengenal seni budaya Indonesia agar lebih memahami Indonesia. "Mereka ini akan menjadi sahabat Indonesia di negara mereka, yang berperan sebagai duta seni budaya di negaranya" Darmawan Denassa.

Pada Ahad (5/4) komunitas Sahabat Indonesia Berbagi (SIGI) akan mengajak 30-an anak yatim berlajar ke RHD. Mereka akan melaksanakan beberapa kegiatan dalam kunjungan ini. (*)